Pemanfaatan Video Pembelajaran Dengan Aplikasi Camtasia dan Audacity

  • Dedi Leman Universitas Potensi Utama Medan
  • Cindy Paramitha Lubis Universitas Potensi Utama Medan
Keywords: Media Pembelajaran, Animasi, Kreatif dan Inovstif

Abstract

Pembelajaran yang baik terkadang dikaitkan dengan adanya fasilitas yang ada di sekolahan, sekolah yang memiliki fasilitas yang baik dan memadai belum tentu memiliki guru yang kreatif dan inovatif, guru terkadang memiliki keterbatasan dalam mengolah informasi dan juga mempresentasikan konsep materi terutama pembelajaran yang bersifat abstrak di dalam kelas, masih banyak ditemui guru dalam penyampaian pembelajaran masih konvensional, dimana masih banyak ditemui guru tidak memanfaatkan media baru dalam sarana pembelajaran dikelas, merupakan pelajaran yang banyak berisi uraian materi sehingga tidak menarik dan akan membuat jenuh, ngantuk, sehingga menjadikan pelaksanaan pembelajaran menjadi kurang efektif.  Hasil kegiatan ini menunjukan 95 % guru dapat membuat Media Pembelajaran Video memiliki nilai lebih dibanding bahan pembelajaran tercetak biasa, media pembelajaran Video mampu mengaktifkan siswa untuk belajar dengan motivasi yang tinggi karena ketertarikannya pada sistem multimedia yang mampu menyuguhkan tampilan Animasi, Suara, grafik dan teks, penggunaan media yang cocok dalam pembelajaran akan memberikan pengaruh bagi siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru.

References

Agustania, Anindita. (2014). Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Promosi Dinamis Di Smk Negeri 1 Pengasih . Skripsi. Diakses 26 April 2019.

Arsyad. (2004). Video pembelajaran. Diakses 26 April 2019.

Batubara , Hamdan Husein). (2016). Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Matematika Sd/Mi. Journal Homepage: Http://Ojs.UniskaBjm.Ac.Id/Index.Php/Muallimuna. Diakses 26 April 2019. Diakses 6 April 2019

Dicky Candra Kurniawan1, Dedi Kuswandi2, Arafah Husna3. (2018).

Ekawati , Ninda, Supurwoko, Daru Wahyuningsih. Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Dalam Belajar Mandiri Materi Bunyi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Pendidikan Fisika, Fkip, Uns. Diakses 6 April 2019. Diakses 28 April 2019

Faqih Faldiansyah Pratama, Cecep E Rustana, Sunaryo1. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Listrik Arus Searah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal). Diakses 6 April 2019

Handayani, Siska. (2018). Penerapan Media Video Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Membuat Pola Dasar Rok Secara Konstruksi Di Kelas X Tata Busana 3 Smk Negeri 6 Surabaya. Edisi Yudisium Periode Mei 2018, Hal 18-21. 21 Mei April 2019.

Khasanah , Dea Nuril. Pratiwi , Ariska Endah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Ksdp Prodi S1 Pgsd “Konstelasi Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia Di Era Globalisasi. Diakses 6 April 2019.

21 Mei April 2019. Maryono, Dwi & Budiyanto, Cucuk. (2018). The Development Of Video Learning To Deliver A Basic Algorithm Learning. Issn: 2549- 0389. Diakses 21 Mei April 2019.

Muhammad Mustofa Yusuf*, Mohamad Amin, And Nugrahaningsi. (2017). Developing Of Instructional MediaBased Animation Video On Enzyme And Metabolism Material In Senior High School. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. Diakses 24 Mei 2019.

Mutia , Rita. Adlim, A. Halim. (2012). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Dalam Belajar Mandiri Materi Bunyi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia,. Diakses 6 April 2019. Diakses Diakses 24 Mei 2019.

Vuspa, Lins In. (2017). Pengearuh Media Pembelajaran Video Terhadap Motivasi Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di Mts Fatra Mandiri Plaju Palembang. 42-47 Issn: 2337-7623; Eissn: 2337-7615. Diakses 26 Mei 2019.

Sadiman. (1986). Motivasi dan belajar. Diakses 6 April 2019. Sugiono. 2009. Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alvabeta Sugiono. 2013. Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung:

Alvabeta Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV ALFABETA. Thomas Adi Tri Nugroho. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaranterhadap Keterampilan Proses Ipa Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Diakses 26 Mei 2019. .

Panje , Marius, Sihkabuden, Anselmus J. E Toenlioe. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. Diakses 6 April 2019. Diakses 6 April 2019

Purwanti, Budi. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model Assure. 42-47 Issn: 2337-7623; Eissn: 2337- 7615. Diakses 27 Mei 2019.
Published
2021-08-31
How to Cite
Leman, D., & Cindy Paramitha Lubis. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran Dengan Aplikasi Camtasia dan Audacity. J-PEMAS - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 20-28. Retrieved from http://krsti.stmik-amik-riau.ac.id/index.php/J-PEMAS/article/view/740

Most read articles by the same author(s)