Desain UI/UX Aplikasi Pendaftaran Pasien Rumah Sakit Berbasis Website Dengan Metode Design Thinking

  • Abelisa Putri Magda Adoe Universitas Dinamika
  • Muhamad Basyrul Muvid Universitas Dinamika
Keywords: User Interface Website Aplikasi

Abstract

Pendaftaran pasien rumah sakit saat ini masih dilakukan secara manual, yang mana dapat menimbulkan antrian dan waktu tunggu yang lama. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan inovasi baru dalam pendaftaran pasien rumah sakit, yaitu dengan adanya pendaftaran pasien secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang desain UI/UX aplikasi pendaftaran pasien rumah sakit secara online yang dapat meningkatkan kepuasan pengguna dan memudahkan pengguna dalam memahami website pendaftaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan Design Thinking. Data yang dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain UI/UX aplikasi pendaftaran pasien rumah sakit secara online harus memenuhi kriteria seperti mudah digunakan, baik oleh pasien maupun petugas pendaftaran, dapat diakses dengan mudah, baik melalui komputer, laptop, maupun smartphone, aman untuk melindungi data pasien, dapat diintegrasikan dengan sistem informasi rumah sakit. Dengan Pendaftaran pasien secara online dapat meningkatkan efisiensi pelayanan rumah sakit. Pasien tidak perlu lagi datang ke rumah sakit untuk mendaftar, sehingga dapat mengurangi antrian dan waktu tunggu, pasien dapat mendaftar secara mandiri dan kapan saja, sehingga lebih nyaman dan praktis, dan dengan adanya data pendaftaran pasien yang terintegrasi, rumah sakit dapat memberikan pelayanan yang lebih akurat dan tepat sasaran.Pendaftaran pasien rumah sakit secara online dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan kepuasan pasien dan kualitas pelayanan. Dengan memperhatikan kriteria desain UI/UX yang telah disebutkan, aplikasi pendaftaran pasien rumah sakit secara online dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

References

Chuang, C. e. (2020). A systematic review of design thinking define phase: A focus on empathy. Design Studies.

Dewi, S. (2022). Tantangan layanan kesehatan di era modern. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(1), 1-12.

Kumar, A., & Singh, A. (2020). User persona: A tool for understanding user needs. International Journal of Information Technology and Management, 1-10.

Lazuardi, M. L. (2019). Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek. Organum : Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, 2-3.

Muhyidin, M., Sulhan, M., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit, 208-219.

Nabyla, A., & Hariyono, A. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap proses pendaftaran pasien di rumah sakit. Jurnal Manajemen Kesehatan, 10(1), 1-12.

Nabyla, F., & Hariyono, R. C. (2019). Desain Aplikasi Sistem Pendaftaran Online Menggunakan. Journal of Information System, 4(2), 168-177.

Nurcaya, I. (2008). Analisis kualitas pelayanan Rumah Sakit Di Provinsi Bali. Piramida, 4(2).

Prameswari, D. e. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap sistem pendaftaran pasien online di rumah sakit. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 164-174.

Prayoga, N., Afni, N., Putra, P. A., & Efendi, Y. (2022). comPengembangan UX Aplikasi Panji WeddingOrganizerKota Pekanbaru MenggunakanMetode Lean UX. SATIN –Sains dan Teknologi Informasi, 8(2).

Pressman, A. (2019). Design Thinking - A Guide To Creative Problem Solving For Everyone.

Priyadarshini, M., & Rao, K. S. (2022). A study on the effectiveness of Figma in user experience design. International Journal of Human-Computer Interaction, 1-10.

Priyadarshini, M., & Rao, K. S. (2022). A study on the effectiveness of wireframing in user experience design. nternational Journal of Human-Computer Interaction, 1-10.

Rahmayu, M. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Pada Rumah Sakit Dengan Layanan Intranet Menggunakan Metode Waterfall. EVOLUSI: Jurnal Sains dan Manajemen, 4(6).

Wibowo, T., & Tan, D. (2021). Studi Artikel Mengenai Efek Ui/Ux Terhadap Perkembangan Gaming. Combines, 500-507.

Published
2023-12-08
How to Cite
Adoe, A. P. M., & Muvid, M. B. (2023). Desain UI/UX Aplikasi Pendaftaran Pasien Rumah Sakit Berbasis Website Dengan Metode Design Thinking. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 9(2), 125-133. https://doi.org/10.33372/stn.v9i2.1031