Evaluasi User Experience Pada Mobile Legends: Bang Bang Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough

  • Retno Sari Febrian Universitas Nusa Mandiri
  • Maryanah Safitri Universitas Nusa Mandiri
Keywords: User Experience Mobile Legends Cognitive Walkthrough

Abstract

Video game online memerlukan perangkat game yang tersambung ke internet agar berfungsi. Dalam game digital, interface juga dikenal sebagai antarmuka game yang memungkinkan pemain untuk berinteraksi dengan game tersebut, antarmuka game ini berisi semua simbol, teks, gambar, dan petunjuk. Pengembang harus mengevaluasi antarmuka yang dihasilkan untuk mendapatkan antarmuka yang bagus. Game mobile legends: bang bang merupakan salah satu game smartphone online yang telah diunduh oleh lebih dari 500 juta pengguna dengan rating 3,6 pada aplikasi play store, kurangnya pemahaman beberapa ikon atau Instruksi menjadi masalah dalam game ini. cognitive walkthrough adalah proses penilaian kegunaan yang terstruktur secara teoritis yang berfokus pada aktivitas kognitif pengguna, terutama saat melakukan tugas. Mempersiapkan, Menganalisis, dan Tindak lanjut adalah tiga langkah dalam cognitive walkthrough. Pengumpulan data penelitian ini dibagi menjadi dua kategori yaitu pengguna yang sudah lama memainkan game mobile legends (lebih dari lima bulan) dan pengguna baru yang belum pernah memainkan atau memainkan game mobile legends kurang dari empat bulan. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengalaman pengguna saat memainkan game ini, masalah umum yang dihadapi dan rekomendasi perbaikan. Hasil dari keseluruhan matrix menunjukan bahwa pada matrix A tidak ada masalah yang serius,  matrix B menunjukan perlunya perhatian lebih pada tipe masalah P, S, dan T. Pada matrix C dan E menunjukan bahwa tipe masalah Text  and Icon merupakan tipe masalah yang paling kurang dipahami oleh pengguna.

References

Gumaisa, M. N., Wijoyo, H. S., & Priharsari, D. (2021). Evaluasi User Experience pada Game Marvel Super War menggunakan metode Enhanced Cognitive Walkthrough. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(9), 3807–3816. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9736

Huda, M. (2020). Analisis User Experience Pada Game Mobile Legend Versi 1.4.14.4454 Dengan Menggunakan Game-Design Factor Questionnaire. Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika, 8(1), 25–34. https://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/view/127/88

Janttaka, N., & Juniarta, W. (2020). Analisis Dampak Game Online Mobile Legend Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 04(2). https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/view/2683/2220

Juliandi. Azuar, Irfan, & Manurung, S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=0X-rBAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=skripsi+populasi+dan+sampel&ots=eO22qVptf9&sig=wqSCJEJ-p9E01ZiB-7MmZjwfuu0&redir_esc=y#v=onepage&q=skripsi%20populasi%20dan%20sampel&f=false

Ketut, I., Yogatama, S., Putra Kharisma, A., & Fanani, L. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Pemain Dalam Permainan MOBA (Studi Kasus: Mobile Legends: Bang-Bang!) (Vol. 3, Issue 3). http://j-ptiik.ub.ac.id

Kusamiaji, A. A., Kharisma, A. P., & Brata, K. C. (2019). Evaluasi User Experience Game Ragnarok M: Eternal Love dengan Metode Cognitive Walkthrough. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer , 3(7), 6837–6846. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5816/2765

Kusumawardana, B., Adnan, F., & Dharmawan, T. (n.d.). Evaluasi UI/UX Pada Game Valorant Menggunakan Metode Enhanced Cognitive Walkthrough. Jurnal Device, 12, 24–31. Retrieved August 28, 2023, from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/device/article/view/2709/1665

Muslim, D. K., Muhammad, E., Jonemaro, E. M. A., & Afirianto, T. (2022). Evaluasi User Experience pada Game Mobile Legend menggunakan Cognitive Walkthrough. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(6), 2567–2572. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11110/4917

Rani, D., Hasibuan, E. J. H., & Barus, R. K. I. (2018). DampakGameOnlineMobileLegends:Bang Bang terhadap Mahasiswa. Perspektif, 7(1), 6–12. https://ojs.uma.ac.id/index.php/perspektif/article/view/2520/2022

Septianawati, E., Aknuranda, I., & Hanggara, B. T. (2021). Evaluasi User Experience Gim Mobile Legends: Bang Bang menggunakan Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(7), 3153–3159. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9505/4294

Wahyuningrum, T. (2021). Buku Referensi Mengukur Usability Perangkat Lunak. Deepublish.

Published
2023-12-18
How to Cite
Retno Sari Febrian, & Maryanah Safitri. (2023). Evaluasi User Experience Pada Mobile Legends: Bang Bang Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 9(2), 155-166. https://doi.org/10.33372/stn.v9i2.1035